RMco.id  Rakyat Merdeka - Jawa Tengah dipastikan menjadi tuan rumah Asean School Games (ASG) pada Juli 2019 mendatang. Untuk mengecek kesiapan, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto bertemu Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jateng, Jumat (15/2).  Pertemuan membahas kesiapan penyelenggaraan sekaligus mengintip peluang para atlet Indonesia.

Sesmenpora berharap, para atlet Indonesia bisa menampilkan permainan terbaiknya, sehingga juara umum bisa diraih. “Ya, harapannya kita bisa juara umum,” kata Gatot dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (15/2).

Baca Juga : Dubes India Kumar Rawat Temui Sekjen DPR Bahas HUT Gandhi

Kejuaraan khusus pelajar di Asia Tenggara ini akan mempertandingkan 9 cabang olahraga (cabor). Ke-9 cabor itu adalah atletik, bola voli indoor, renang, bola basket, tenis lapangan, bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, dan pencak silat.

Dipilihnya Semarang sebagai tuan rumah penyelenggara tak terlepas dari perkembangan olahraganya didaerah tersebut.    Selain itu, dampak dari penyelenggaraan itu juga diharap dapat menambah semangat olahraga masyarakat Semarang.

Baca Juga : Ahok Kumat

“Dipilihnya Semarang jadi tuan rumah, pertama, Palembang kan sudah sewaktu Asian Games, lalu PON sudah di Jabar. Kemudian dipilih Jateng untuk perkembangan olahraga di level Asia Tenggara bahkan Asia juga,” ujar Sesmenpora. 

 “Kami juga mendorong agar event-event olahraga tak hanya di Jakarta saja. Biasanya, selepas menjadi tuan rumah, ada dampak positif di daerah tersebut seperti infrastrukturnya dan juga kesemangatan olahraga masyakaratnya,” tambah Sesmenpora. [IPL]