RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 yang dipusatkan di GOR POPKI Cibubur Jakarta, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. 

Joko Widodo akan menyampaikan sambutannya secara virtual. Kesederhanaan ini tidak menyurutkan semangat dunia olahraga nasional, justru semangat besar dan cita-cita tinggi digelorakan di tengah-tengah keprihatinan bencana pandemik Covid-19.

Tema Haornas Tahun 2020 adalah “Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry”. Peringatan HAORNAS XXXVII Tahun 2020 hendaknya menjadi momen bagi para pelaku olahraga untuk berikrar bersama menyampaikan kesiapan menjalankan pembinaan dan pengembangan olahraga dengan pemanfaatan Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry yang maksimal dikemudian hari.

Berita Terkait : Tingkatkan Imun, Kemenpora Ajak Masyarakat Senam Secara Virtual

"Melalui momen ini kita harus menyadari peran penting ketiganya dalam menumbuhkan prestasi olahraga dan lingkungan keolahragaan yang sehat dan kompetitif. Tidak hanya itu, tentunya juga bisa membangun sport branding dan diplomasi olahraga," jelas Menpora Zainudin Amali dalam keterangan pers Rabu (9/9).

Untuk mewujudkan tema Haornas 2020 (Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry) bisa langsung sampai kepada masyarakat. Kemenpora menjalin kerjasama dengan Kementerian terkait.

Jumat (4/9), Menpora RI Zainudin Amali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo di Wisma Menpora, Jakarta.

Berita Terkait : Presiden PKS Tegaskan Komitmen Lindungi Pekerja Migran Indonesia

Penandatanganan tersebut dimaksudkan dalam rangka pengembangan program kepemudaan dan keolahragaan melalui kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Tak hanya itu, MoU ini juga dalam rangka pengembangan sektor industri dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan.

“MoU ini merupakan kerja sama antara tiga kementerian ini dalam rangka mendorong supaya pariwisata yang terkait kegiatan keolahragaan semakin terintegrasi dan semakin baik. Tentu kita harus bisa berkolaborasi bersama. Tak bisa kita dorong sendiri-sendiri,” kata Menpora RI.

Zainudin juga menginginkan agar perayaan HAORNAS tidak hanya menjadi agenda tahunan semata melainkan harus menjadi titik perubahan dunia olahraga itu sendiri. Masyarakat tak hanya disadarkan tentang pentingnya berolahraga namun juga paham apa dampak berolahraga bagi kesehatan dirinya, bagi martabat bangsanya, serta untuk perekonomian negara, terutama di masa Pandemi COVID-19. [IPL]

Baca Juga : Siapkan Timnas Wanita Indonesia, PSSI Bakal Buka Seleksi Pelatih