RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ikut memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh Rabu (9/9). Baginya, berolahraga menjadi benteng tubuh menghadapi Covid-19.

“Selamat Hari Olahraga Nasional. Mari bersama-sama meningkatkan daya tubuh kita, dengan rajin berolahraga. Salam Sehat. Salam Olahraga. #Haornas2020,” ujar Budi Karya dijejaring Instagram miliknya, @budikaryas.

Berita Terkait : Menpora Tegaskan Pentingnya Grand Design Keolahragaan Nasional

Budi Karya pun mengunggah kegiatan olahraga favoritnya, yaitu main tenis meja. Di foto itu, tertulis diambil sebelum Covid-19. Pria yang akrab disapa BKS ini terlihat fokus mengayunkan bat.

Di unggahan itu, Budi Karya menjelaskan kepada publik tentang arti penting olahraga di tengah pandemi Covid-19. Selain menjalankan protokol kesehatan untuk pribadi, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, menjalankan pola hidup sehat juga penting. 

Berita Terkait : Ini Kronologis Sementara Pesawat Sriwijaya Yang Hilang Kontak

“Salah satu pola hidup sehat yang harus kita jalankan adalah berolahraga. Olahraga teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh,” tulisnya. “Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi Virus Covid-19,” tambahnya.

Budi Karya mengaku tengah disiplin membudayakan olahraga. Ritmenya, minimal satu jam dalam sehari.

Berita Terkait : Bandara Ngloram Siap Beroperasi

Budi Karya sempat terinfeksi Virus Corona. Usaha dan doa dia lakukan hingga akhirnya bisa terbebas dari virus asal Wuhan ini. Termasuk berolahraga, adalah ikhtiar untuk bugar dan sembuh dari virus.

“Saya makin bisa memaknai pentingnya berolahraga setelah sembuh dari Covid-19. Saya ingin segera bisa bermain tenis meja seperti foto yang saya pasang ini. Foto ini diambil sebelum pandemi. Hanya saja, dokter belum membolehkan saya bermain tenis meja. Olahraga yang sering saya lakukan saat ini adalah berjalan kaki dengan diselingi jogging,” ceritanya. [BSH]