RMco.id  Rakyat Merdeka - Setelah 41 kali turun di ajang MotoGP, pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli akhirnya naik podium utama. Morbidelli menjadi yang tercepat pada balapan yang digelar di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (13/9) malam WIB.

Memulai balapan dari urutan kedua, Franco Morbidelli sukses merebut posisi terdepan sejak lap pertama. Pebalap asal Italia sukses mempertahankan posisi terdepan hingga akhirnya finis dengan catatan waktu 40 menit 31,524 detik.

Kemenangan di MotoGP ini sudah lama ditunggu oleh Morbidelli. Dia baru bisa menggapainya setelah 41 kali balapan.

Berita Terkait : MotoGP : Rossi Out, Vinales Juara

Posisi kedua dan ketiga secara berurutan ditempati oleh pembalap Pramac Racing, Francesco Bagnaia, dan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar.

Sementara itu, nasib kurang mujur dialami pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi. Rossi kehilangan kesempatan untuk naik podium ke-200 karena ditikung Joan Mir pada lap terakhir.

Valentino Rossi membayangi Morbidelli hingga putaran-putaran akhir lomba. Namun, di lap pamungkas Rossi disalip oleh Alex Rins, yang pada prosesnya harus puas finis keempat.

Baca Juga : Menaker: UU Ciptaker Beri Jaminan Sosial Buruh Yang Kena PHK

Rins sendiri menyudahi balapan di posisi kelima di depan Vinales, dan Andrea Dovizioso. Takaaki Nakagami, Jack Miller, dan Pol Espargaro melengkapi jajaran 10 besar.

Nasib nahas justru dialami Quartararo. Pebalap Petronas SRT itu jatuh dua kali di tengah-tengah balapan sebelum akhirnya terpaksa retired.

Dengan demikian, Morbidelli menjadi pemenang kelima yang berbeda dalam enam seri pertama MotoGP 2020. Kemenangan di San Marino ini juga menandai kemenangan pertama pebalap Italia itu sejak terjun di balapan kelas premier pada 2018.

Baca Juga : Ekspor Kakao Masih Tembus Rp 8 Triliun Di Tengah Pandemi

Sejauh ini, sudah ada lima pemenang berbeda dari enam seri yang sudah digelar, sebelumnya ada Fabio Quartararo, Andrea Dovizioso, Brad Binder, dan Miguel Oliviera.

Dengan kemenangan Morbidelli kali ini, Petronas Yamaha sudah merebut tiga dari enam seri. Sebelumnya, Quartararo menjadi pemenang di MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia. [IPL]