RMco.id  Rakyat Merdeka - Tim Repsol Honda mengalami musim yang berat pada MotoGP 2020. Itu setelah rider andalan mereka, Marc Marquez absen karena cedera parah dan terancam kehilangan gelar juara dunianya.

Situasi Honda kian rumit setalah pebalap tim satelit mereka, Cal Crutchlow (LCR Honda) juga absen karena ada risiko infeksi. Selain itu pembalap pengganti mereka, Stefan Bradl juga diparkir karena mengalami masalah di lengan kanannya.

Kondisi itu menambah beban dan masalah yang harus ditanggung Alberto Puig selaku Manajer Tim Repsol Honda menyusul performa buruk skuadnya pada enam balapan awal musim ini.

Berita Terkait : Melihat kelucuan Panda di Taman Safari Bogor

Kini, Honda kemungkinan besar hanya akan menurunkan dua pebalap yakni Alex Marquez (Repsol Honda) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) pada balapn MotoGP Emilia Romagna 2020.

Puig mengatakan, Bradl kemungkinan baru bisa beraksi pada seri MotoGP Catalunya 2020 yang akan bergulir akhir September mendatang. “Teorinya mengatakan demikian, Stefan Bradl akan tampil di Barcelona, tetapi untuk saat ini lebih baik tidak melaku- kannya,” kata Alberto Puig dikutip dari Corsedimoto.

Di sisi lain, absennya Marquez memberi berkah bagi rider Honda lainnya, termasuk Takaaki Nakagami yang membela tim LCR Honda. Dalam beberapa seri terakhir MotoGP 2020, Takaaki Nakagami selalu menjadi andalan Honda dalam meraih poin.

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Sejauh ini, Nakagami sudah berhasil mengumpulkan 53 poin, meski belum pernah sekali pun finis di podium. Torehan itu membawa pebalap asal Jepang itu untuk sementara menempati peringkat kesembilan klasemen pembalap MotoGP 2020.

Puig menilai Honda masih bisa menjadi juara pada MotoGP 2020 melalui Nakagami. Jika melihat selisih poin dengan sang pemuncak klasemen sementara, Andrea Dovizioso (Ducati) hanya terpaut 23 poin dari Dovizioso.

“Hal itu tentu membuat Anda berpikir bahwa Nakagami dengan selisih 23 poin dari pemuncak klasemen juga bisa memenangkan kejuaraan musim ini, 23 poin bukanlah masalah,” kata Puig.

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka

Absennya Marc Marquez membuat peta persaingan pada musim ini berjalan sengit. Andai terus konsisten mendulang poin, bukan tak mungkin Takaaki Nakagami bisa mewujudkan hal itu. [KW]