RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Liga Indonesia Baru (LIB) beberapa pekan yang lalu telah mengumumkan laga pembuka pada lanjutan kompetisi Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020.

Di awal kompetis itu akan bertanding PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya.  Rencananya pertandingan yang terhitung mulai pekan ke-4 tersebut akan digulirkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 1 Oktober 2020.

Berita Terkait : Saatnya Kita Jadi Pemain Utama Keuangan Syariah

Namun, setelah menyimak perkembangan, pertandingan pembuka pada lanjutan Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 tersebut jadwalnya diubah menjadi PSS Sleman versus Persik Kediri. “Perubahan itu kami putuskan setelah mempertimbangkan saran dan masukan dari klub terkait padatnya jadwal pertandingan dan perubahan home base beberapa klub," ungkap Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita.

Ia menambahkan Persebaya yang belum menentukan home base-nya, Madura United pindah ke Pamekasan, Persipura Jayapura ke Kanjuruhan, dan Bhayangkara FC ke Kelapa Dua, Tangerang. Maka akan sangat berpengaruh terhadap pertandingan pertama dan laga-laga berikutnya.

Berita Terkait : Menteri PUPR Minta Pembahasan Kebijakan Libatkan Asosiasi

Terkait perubahan tersebut, lebih lanjut Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menjelaskan semua jadwal pada pekan yang sama akan ditukar. "Jadwal pertandingan pada pekan ke-8 ditukar dengan pekan ke-4. PSS versus Persik yang harusnya bertemu pada 22 Oktober, kami majukan ke 1 Oktober. Begitu juga dengan pertandingan-pertandingan yang lain," ungkap Sudjarno di Jakarta, Minggu (27/9).

Perihal perubahan jadwal tersebut, juga sudah disampaikan secara resmi kepada semua klub lewat surat bernomor 379/LIB-KOM/IX/2020.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Setinggi 500 Meter

Sementara itu, terkait persiapan menjelang laga pekan ke-4, baik PSS maupun Persik sudah melakukan persiapan yang serius.

Sudjarno mengatakan keduanya, dalam sebulan terakhir, sudah mengumpulkan semua pemain dan menggelar latihan secara khusus. "Persik malah sudah menggelar uji coba kontra Martapura FC pada Rabu (23/9). Tim besutan Budi Sudarsono tersebut menang 3-0," pungkas Sudjarno. [WUR]