RMco.id  Rakyat Merdeka - Derby Semenanjung Iberia yang mempertemukan timnas Portugal dan Spanyol akan digelar di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Kamis (8/10) dini hari nanti WIB. Spanyol tak ngeper meski Ronaldo dimainkan.

Laga persahabatan ini diprediksi bakal seru karena kedua tim punya skuad yang sangat kuat. Dalam sejarahnya, Derby Iberia ini sudah berlansung 36 kali. Spanyol memenangi 18 pertandingan berbanding enam milik Portugal. Sedangkan 13 laga lain berkesudahan dengan hasil imbang.

Jelang laga nanti, timnas Portugal menyatakan sangat serius menghadapi pertandingan ini meski hanya berstatus uji coba. “Pertandingan melawan Spanyol tidak akan memberikan poin, berbeda dengan laga kontra Perancis (di UEFA Nations League). Tapi, saya tetap yakin bahwa akan tersaji sebuah pertandingan yang menarik karena kedua tim punya kualitas bagus,” ujar pelatih Portugal, Fernando Santos.

Baca Juga : Pembatasan Masuk Indonesia Dari Luar Negeri Sudah Tepat

Timnas Portugal sudah memanggil para pemain terbaiknya, termasuk Cristiano Ronaldo. Pemain senior lain seperti Pepe, Joao Moutinho, Rui Patricio, atau Bernardo Silva juga masuk ke dalam skuad. Sementara para pemain muda juga akan meramaikan laga itu.

Mereka adalah Joao Felix, Francisco Trincao, dan Diogo Jota. Sejumlah pemain juga akan menjalani debutnya di timnas seperti Daniel Podence, Rui Silva, dan Ruben Semedo.

Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique tak banyak melakukan perubahan dari skuad yang dipanggilnya bulan lalu. Para pemain seperti Ansu Fati, Sergio Ramos, dan David De Gea masih menjadi kunci permainan.

Baca Juga : Antara Politik Islam Dan Islam Politik (2)

Ada lima pemain yang tak dipanggil lagi dari skuad timnas Spanyol bulan September lalu. Mereka adalah Marco Asensio, Dani Carvajal, Oscar Rodriguez, Thiago Alcantara, dan Fabian Ruiz.

Sebagai sebuah tim, kami akan mencoba melakukan hal-hal yang lebih baik dari Portugal dan mencoba untuk membuat mereka bermasalah. Itulah tujuan kami untuk pertandingan nanti,” kata Enrique.

Enrique juga yakin anak asuhnya mampu mengatasi Portugal, meski ada bintang Cristiano Rilonaldo.

Baca Juga : Aplikasi Cari Temu Baznas Bantu Temukan Keluarga Yang Hilang

“Apakah Cristiano Ronaldo bermain atau tidak, situasinya, pendekatan kami secara keseluruhan terhadap permainan tidak akan mengalami banyak perubahan,” tutup Enrique. [OSP]