RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyambut kedatangan tim nasional Indonesia U-19 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/10) malam. Skuad Garuda Muda kembali ke Tanah Air usai dua bulan menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Ketua Umum PSSI didampingi oleh Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Plt Sekjen Yunus Nusi, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita, Deputi Bisnis Komersial Rudy Kangdra, Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita, Dirut Operasional PT LIB Sudjarno, dan lain-lain.

Para pemain dan ofisial yang keluar dari bus langsung mendapat pelukan hangat Ketua Umum PSSI. "Pada kesempatan kali ini kami menyambut kedatangan para penggawa timnas Indonesia U-19.

"Alhamdulillah mereka semua (para pemain) dalam keadaan sehat walafiat, hasil tes swab juga semua dinyatakan negatif termasuk para official yang ikut training camp (TC) ke Kroasia. Pengalaman TC kali ini juga sangat dirasakan para pemain. Kami juga sebelumnya telah berdiskusi program seperti apa yang akan diterima tim ini selanjutnya," kata Iriawan.

Berita Terkait : Liga Di Kroasia Hasilkan Progress, Ketum PSSI Apresiasi Timnas Indonesia U-19

“Setelah ini mereka akan kembali TC ke luar negeri. Kami menjajaki Belanda dan Jepang tapi masih menunggu korespodensi dahulu. Kenapa Belanda? Karena banyak tim-tim bagus juga di sana. Mereka kan papan atas dunia juga. Lalu pelatih Shin Tae-yong juga menyampaikan banyak pemain keturunan di sana,” sambung Iriawan.

Selain Belanda dan Jepang, PSSI juga membuka opsi TC ke Korea Selatan atau Australia. Dari empat negara itu, Belanda menjadi prioritas PSSI untuk menjadi tempat TC timnas U-19 selanjutnya.

Garuda Muda menjalani sebelas laga uji coba selama di Kroasia yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0), Hajduk Split (4-0).

Usai kembali dari TC di Kroasia, para pemain akan kembali ke klub mereka masing-masing untuk mengikuti kompetisi apabila digelar nanti. Iriawan melanjutkan, Bagas Kaffa dan kolega juga diimbau untuk tetap menjaga kondisi fisik mereka dan memperhatikan protokol kesehatan.

Berita Terkait : Ini Manfaat TC Di Kroasia Buat Timnas U-19 Indonesia

"Setelah mendapat libur sebentar para pemain juga akan kembali mengikuti program pelatihan secara virtual yang telah disiapkan tim kepelatihan. Sejauh ini dari hasil pantauan sementara para pemain telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan," ungkap Iriawan.

Ia menambahkan  pelatih Shin Tae-yong juga mengatakan mental para pemain sudah mendekati 80 persen. Untuk itu selanjutnya kita akan meningkatkan lagi dan menambah pada segi lainnya. "Pelatih dibantu tim analisis juga menyoroti permainan mereka dari hari ke hari dan menilainya semakin membaik," tutup Iriawan.

Sementara itu, pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya akan memanfaatkan waktu jeda untuk mencari pemain baru.

Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat skuatnya saat ini. "Untuk pemain keturunan saat ini ada sembilan. Dari sembilan pemain itu dua diantaranya sudah ikut berlatih bersama kami sementara sisanya masih menunggu. Kami tidak bisa membuka identitas mereka. Kalau sudah ada keputusan, kami dan PSSI pasti akan terbuka," kata Shin Tae-yong.

Berita Terkait : Jalani 11 Laga Di Kroasia, Timnas Indonesia Siap Pulang Ke Tanah Air

Ia menambahkan saat TC selanjutnya ada nanti beberapa pemain baru yang kami panggil. "Tapi kami masih sulit untuk memantau serta melakukan seleksi karena kompetisi yang belum bergulir," tambahnya.

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 dimana Indonesia menjadi tuan rumah. [WUR]