LSB Gunakan Teknologi VAR, PSSI Disarankan Ikut

Menpora Imam Nahrawi menunjukkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di ajang Liga Berjenjang yang diinisiasi Kemenpora. (Foto : Kemenpora)
Klik untuk perbesar
Menpora Imam Nahrawi menunjukkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di ajang Liga Berjenjang yang diinisiasi Kemenpora. (Foto : Kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menpora Imam Nahrawi secara resmi membuka Liga Sepakbola Berjenjang  (LSB) di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/3).

Menpora senang Liga Berjenjang inisiasi Kemenpora ini dalam pelaksanaanya akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).   

Berita Terkait : PSSI Agendakan Penyegaran dan Seleksi Wasit Liga 1

Tendangan penalti dari Menpora Imam Nahrawi mengawali kompetisi kelompok usia U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan U-17 ini. Yang menarik, penyelenggaraan Piala Menpora 2019 kali ini menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).  

“Saya bersyukur hari ini bisa datang ke UPI, Bandung, mengikuti pembukaan Liga Sepak bola Berjenjang. Ada yang menarik dalam momentum ini, pertama kalinya Liga Berjenjang dibantu oleh teknologi VAR,” kata Menpora dalam sambutannya.  

Baca Juga : Mantap, Pasar KPR BTN Capai 90,82 Persen

Menurutnya, VAR sangat membantu kinerja wasit dalam memimpin pertandingan. Segala insiden yang terjadi didalam lapangan dapat terekam dengan baik.

“Pasti VAR membantu wasit, pelatih, pemain maupun suporter. Wasit lebih mudah untuk mengambil keputusan. Penggunaan VAR disini terinspirasi oleh sahabat saya dari Bandung Premier League. Ketika ada VAR, wasit bisa terlihat lega untuk ambil keputusan, suporter tidak bentrok, keputusan wasit jelas fair. Jika ada protes, VAR sangat membantu,” jelas Menpora.  

Baca Juga : Schneider Electric Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Lebih lanjut, dalam kompetisi ini, Menpora berharap akan ada lahir pesepakbola hebat yang nantinya bisa membela Timnas Indonesia.“Kita harap Liga Berjenjang ini banyak melahirkan atlet sepak bola dikemudian hari. Kita terus mendukung untuk kemajuan sepak bola,” jelas Menpora.

Dia juga berharap, kompetisi PSSI berani mengambil langkah ini. Sebab, dia yakin VAR bisa membuat laga semakin fair dan kontroversi keputusan diminimalisir. "PSSI bisa perintahkan kepada operator Liga 1, 2 dan, 3 untuk menggunakam VAR. Saya kira tak ada salahnya," terang dia. [IPL]