RMco.id  Rakyat Merdeka - Prancis akan memulai perjalanan mereka di kualifikasi Euro 2020 dengan bertandang ke Moldova pada Sabtu (23/03) pukul 02.45 WIB. Sang Juara Piala Dunia 2018 berangkat tanpa penyerang Manchester United, Anthony Martial dalam daftar pemain.

“Martial diperkirakan akan bermain dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020 Prancis melawan Moldova dan Islandia. Tetapi ia sekarang telah digantikan oleh pemain sayap Atletico Madrid, Thomas Lemar, dalam pasukan Didier Deschamps,” demikian keterangan situs web resmi Manchester United pada Senin (18/3).

Baca Juga : Ketum SI Kritik Polri Dalam Melindungi Ulama

Anthony Martial menderita masalah di lutut kanannya setelah pertandingan pada Sabtu (16/3) melawan Wolverhampton. Namun, Prancis memang memiliki sederetan pemain depan berkelas. Masih ada Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, hingga Olivier Giroud, sehingga kehilangan Martial sama sekali bukan persoalan. Prancis sendiri akan menghadapi dua laga sekaligus dalam jadwal pertandingan internasional sepanjang Maret 2019.

Selain berjumpa Moldova di Stadion Zimbru, Les Blues akan menjamu Islandia di Stade de France 26 Maret. Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, tetap memanggil Olivier Giroud meskipun tidak menjadi pilihan pertama di Chelsea. Deschamps tentu saja punya alasan di balik keputusan tetap percaya pada Giroud.

Baca Juga : Nggak Dapat Sancho, Solskjaer Bidik Gareth Bale

Giroud tidak selalu jadi pilihan utama di lini serang Chelsea, terutama pada laga Premier League. Penyerang berusia 32 tahun kalah bersaing dari Gonzalo Higuian yang bergabung pada Januari 2019 lalu. Meskipun kerap jadi cadangan, dan baru mencetak satu gol di Premier League, Deschamps tetap memanggil Giroud ke timnas Prancis.

Deschamps sejatinya punya dua nama lain yang bisa mengisi lini serang Prancis. Ada Wissam Ben Yedder yang bermain apik di Sevilla. Begitu juga dengan Alexandre Lacazette yang menjadi pilar utama Arsenal. Tapi, kedua pemain tidak masuk dalam daftar panggil Deschamps.

Baca Juga : Polisi Tetapkan 6 Tersangka Kasus Impor Baja Ber SNI Palsu

Pelatih 50 tahun bukan berarti menutup mata pada performa apik kedua pemain, tapi dia merasa jika Giroud lebih dibutuhkan oleh Timnas Prancis. “Mereka (Ben Yedder dan Lacazette) sudah melakukan hal yang baik. Tapi, saya harus membuat pilihan. Mereka berdua punya gaya yang mirip dengan Giroud. Memang Giroud jarang bermain, tapi apa yang dia lakukan untuk kami sangat penting,” papar Deschamps.

Pada daftar nama yang sudah dirilis, Didier Deschamps kembali memanggil Anthony Martial yang bermain bagus untuk Manchester United. Namun, tidak ada nama bek tengah Aymeric Laporte yang punya performa apik di Manchester City, “Dia [Martial] memang selalu masuk dalam grup tim ini. Kadang dia dipanggil dan kadang dia tidak masuk,” terang Deschamps. [KW]