Setelah 111 Tahun, Baru Kali Ini Atalanta ke Liga Champions

Ekspresi kegembiraan Atalanta, usai memastikan tiket ke Liga Champions, Senin (27/5). (Foto: IG @atalantabc)
Klik untuk perbesar
Ekspresi kegembiraan Atalanta, usai memastikan tiket ke Liga Champions, Senin (27/5). (Foto: IG @atalantabc)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Atalanta mencetak sejarah. Klub Italia itu berhasil lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 111 tahun berdiri, usai menempati peringkat ketiga klasemen akhir Liga Italia. Tim besutan Gian Piero Gasperini itu mengumpulkan 69 poin, dengan mengalahkan Sassuolo 3-1 dalam laga pekan pamungkas Liga Italia di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Senin (27/5) dini hari WIB.

Pertandingannya berlangsung cukup seru. Atalanta nyaris kehilangan asa, saat Domenico Berardi unggul lebih dulu di menit 18. Namun, Atalanta pantang kendur. Mereka berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-34, lewat gol Duvan Zapata.

Berita Terkait : Napoli Vs Barcelona, La Pulga Jaga Konsistensi

Jelang injury time babak pertama, terjadi insiden sebelum  tendangan bebas di dalam kotak penalti Sassuolo, ketika Marten de Roon terjatuh. Belum lagi, Berardi terlibat perseteruan yang membuat seluruh pemain, bahkan staf pelatih kedua tim memasuki lapangan. Wasit Daniele Doveri pun merespon insiden itu dengan kartu merah untuk Berardi, serta kartu kuning bagi Magnanelli dan De Roon.

Ketimpangan jumlah pemain, dimanfaatkan Atalanta untuk berbalik memimpin 2-1 pada menit 52, lewat tembakan Alejandro Gomez. Atalanta kian menjauh dari kejaran Sassuolo ketika Pasalic, yang baru tiga menit merumput menggantikan Andrea Masiello, menanduk umpan silang Gomez untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-64.

Berita Terkait : AC Milan 1-0 Torino, Ibra Cs Dekati Zona Liga Champions

Ketika Atalanta kian nyaman menjaga keunggulan, Sassuolo malah harus kehilangan satu pemain lagi, pasca kartu kuning kedua yang diterima Magnanelli pada menit ke-82. Keunggulan 3-1 untuk Atalanta pun bertahan hingga laga usai. [HES]