Kartu Prakerja, Jurus Bangkitkan Ekonomi Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus putar otak untuk mendesain ulang sejumlah kebijakan, salah satunya adalah program Kartu Prakerja yang diarahkan menjadi program semi bantuan sosial.

Langkah ini sebagai salah satu jurus membangkitkan lagi ekonomi di tengah pandemi Covid-19.program Kartu Prakerja yang diarahkan menjadi program semi bantuan sosial.

Langkah ini sebagai salah satu jurus membangkitkan lagi ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan Kartu Pra Kerja sudah disalurkan pada 5,6 juta penerima manfaat. Masing-masing penerima manfaat mendapatkan Biaya Pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Pemerintah berjuang mewujudkan kesehatan pulih dan ekonomi bangkit. Kita juga berjuang memutus rantai penularan Covid-19 dengan melakukan 3M. Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga Jarak.

Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang digadang-gadang mampu memacu kualitas sumber daya manusia (SDM) di tengah adanya kesenjangan antara pasokan dan suplai tenaga kerja di Indonesia.

Namun, pandemi Covid-19 membuat program ini dirancang untuk mengatasi pengangguran, yang spesifik diberikan untuk pencari kerja dan pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).[MEL]